2021-10-05 Pemasangan iStow Pada MV. Meratus Medan 1

Hari ini iStow dipasang di kapal KM Meratus Medan 1 di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Kapal dengan kapasitas 1001 teus ini mulai hari akan melayari rute feeder Jakarta-Singapura pp. Ini adalah pelayaran perdana kapal ini untuk rute feeder regionali, setelah melayani rute dalam negeri selama. Mengapa iStow dipasang?

Semua kapal dengan panjang lebih dari 65-meter wajib menggunakan piranti lunak pemuatan kapal (loading software). Aturan keselamatan ini telah diberlakukan IMO secara internasional untuk semua kapal niaga di seluruh dunia. Piranti lunak pemuatan kapal adalah bentuk penjaminan mutu. Piranti ini menjamin bahwa semua rencana pemuatan yang dibuat oleh Nakhoda atau Mualim 1 adalah akurat, semua perhitungan stabilitas dan kekuatan kapalnya juga akurat.

Kebersinambungan bisnis selalu menjadi pertimbangan utama dalam mengoperasikan kapal. Informasi akurat merupakan wujud nyata untuk ini. Otoritas pelabuhan, syahbandar, operator kapal, pengirim barang dan asuransi tentu sangat membutuhkan keandalan ini.

Lalu, siapa yang memastikan semua akurasi perhitungan itu? Sistem pengelolaan mutu di industri pelayaran sudah sangat mapan. Biro klasifikasi mensertifikasi piranti lunak ini. Biro klasifikasilah, sebagai lembaga independen, yang memastikan semua perhitungan mempunyai akurasi tinggi, sesuai aturan IACS.