iStow Kontainer 1000 TEUs

Semua kapal dengan panjang lebih dari 65 meter wajib menggunakan piranti lunak pemuatan kapal (loading software). Aturan keselamatan ini telah diberlakukan IMO secara internasional untuk semua kapal niaga di seluruh dunia. Piranti ini menjamin bahwa semua rencana pemuatan yang dibuat oleh Nakhoda atau Mualim 1 adalah akurat, semua perhitungan stabilitas dan kekuatan kapalnya juga akurat.

iStow Kontainer untuk kapal 1000 TEUs memberikan solusi untuk meningkantkan efisiensi dan efektifitas pemuatan di kapal. Proses pemuatan ke kapal dilakukan dalam waktu yang sangat singkat sehingga sangat rentan terjadi kesalahan. Namun dalam kenyatannya operator dituntut untuk menyelesaikan laporan hasil pemuatan (laporan teknis maupun manifest) dalam waktu singkat tersebut.

Fitur-fitur pada iStow Kontainer 1000 TEUs dapat mempermudah dalam perencaanaan muatan serta meminimalisasi kesalahan-kesalahan yang berpotensi akan terjadi sehingga dapat mempercepat proses perencanaan pemuatan. Salah satunya adalah fitur BAPLIE (Bayplan Including Empties) yaitu format pertukaran pesan elektronik yang berisi detail dan posisi peti kemas diatas kapal. Fitur ini digunakan luas oleh industri transportasi laut utama di dunia, baik pelayaran maupun pelabuhan. Selain itu iStow Kontainer juga memiliki fitur Stacking Weight, fitur ini berfungsi untuk menghetahui batas maksimal berat yang diijinkan pada setiap tumpukan disetiap baris (row) pada masing-masing bay.

Konsep SAFE and RELIABLE yang diusung iStow direalisasikan dalam fitur-fitur yang dimilikinya. Mengingat kebersinambungan bisnis selalu menjadi pertimbangan utama dalam mengoperasikan kapal dan informasi yang akurat merupakan wujud nyata untuk hal tersebut. Otoritas pelabuhan, syahbandar, operator kapal, pengirim barang dan asuransi tentu sangat membutuhkan keamanan dan keandalan ini.

Lalu, siapa yang memastikan semua akurasi perhitungan itu? Sistem pengelolaan mutu di industri pelayaran sudah sangat mapan. Biro klasifikasi mensertifikasi piranti lunak ini. Biro klasifikasilah, sebagai lembaga independen, yang memastikan semua perhitungan mempunyai akurasi tinggi, sesuai aturan IACS (International Association of Classification Societies) sebagai organisasi yang menghimpun badan klasifikasi-klasifikasi di seluruh dunia.