Pengetahuan

Mengapa stowage Planning software harus disertifikasi?

             Sertifikasi dalam stowage planning menjadi sesuatu yang penting hal ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa stowage planning tersebut sudah menerapkan sistem manajemen mutu dan mampu menghasilkan suatu stowage planning software dengan mutu yang konsisten sesuai dengan standar yang diacu dan diakui. Ada banya standar yang sudah di akui dunia dan dapat digunakan sebagai acuan dalam sertifikasi stowage planning, diantaranya:
* IACS UR_L5- Computer Software for Onboard Stability Calculations,
* IACS UR_S1- Requirements for Loading Conditions, LoadingManuals and Loading Instruments,
* IACS No. 48 – Recommendations on Loading Instruments
* IACS No. 110 – Guideline for Scope of Damage Stability Verification on new oil tankers, chemical tankers and gas carriers
* Marpol Annex 1 – Regs 27 and 28
Dan masih banyak lagi standar acuan yang digunakan dalam stowage planning software / loading computer software.
iStow telah melakukan kegiatan sertifikasi dan tersertifikasi sejak tahun 2007. Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai badan klasifikasi nasional dari Indonesia telah melakukan sertifikasi iStow sejak tahun 2007. Semakin berkembanganya iStow saat ini iStow menjadi stowage planning software pertama di Indonesia yang telah disertifikasi badan klasifikasi anggota IACS. Sampai saat ini iStow telah disertifikasi oleh ClassNK badan klasifikasi dari Jepang, India Register of Shipping (IRS) badan klasifikasi dari India dan saat ini iStow sedang dalam proses sertifikasi dengan Lloyd Register (LR) badan klasifikasi dari United Kingdom, serta dengan Registro Italiano Navale (RINA) badan klasifikasi dari Italia, sertifikasi dengan RINA untuk saat ini dalam tahap menunggu kapal di delivery.
Sertifikasi yang dilakukan iStow pada badan klasifikasi nasional maupun internasional ini merupakan wujud dari qulity assurance yang telah dilakukan oleh iStow kepada setiap produk stowage planning iStow. Dengan adanya sertifikat menunjukan bahwa iStow diproduksi berdasarkan standar-stabdar acuan yang sudah dibuat dan ditetapkan dalam IACS.

Chat