Friday, 10 Maret 2023
iStow Supports Online Sailing Approval Letters (SPB).

Keselamatan pelayaran Indonesia harus mendapat perhatian lebih. Semua pihak yang mengambil peranan dalam meningkatkan keselamatan pelayaran seharusnya menjalankan peraturan yang sudah dibuat, baik peraturan internasional maupun peraturan nasional.

Peraturan internasional tetang keselamatan kapal sudah dikeluarkan oleh International Maritime Organization (IMO), dan Indonesia telah meratifikasi aturan IMO tentang Safety of Life at Sea (SOLAS) dan Maritime Pollution (MARPOL). Peraturan Menteri Perhubungan nomor 44/2021 tentang Stabilitas Kapal telah menguraikan rincian perhitungan stabilitas yang harus dipenuhi semua kapal. Potret aktual pemenuhan terhadap peraturan nasional dan internasional operasi kapal tidak sebaik yang diharapkan.

Pada era saat ini dimana semakin canggih dan terjangkaunya teknologi informasi pemenuhan peraturan bukan menjadi sesuatu yang sulit lagi, seharusnya. Bentuk kemudahan yang diberikan adalah dikeluarkannya Peraturan Menteri Perhubungan nomor 154/2015 tentang pelayanan surat persetujuan syahbandar secara online. Peraturan ini merupakan wujud implementasi pemerintah untuk meningkatkan pelayanan surat persetujuan syahbandar yang efektif, efisien, dan transparan kepada pelaku usaha.

Surat Persetujuan Berlayar (SPB) online merupakan dokumen negara yang diterbitkan oleh Syahbandar dalam bentuk dokumen elektronik kepada setiap kapal yang hendak berlayar. Seluruh pihak yang berkaitan pada sistem ini sudah seharusnya memperhatikan setiap proses di pelabuhan supaya dapat berjalan secara efektif dan efisien.

Proses pemuatan kapal ferry/roro berlangsung sekitar 15-20 menit. Setelah kendaraan terakhir masuk, hanya dalam hitungan 2-5 menit, kapal langsung menutup rampdoor dan berangkat berlayar. Proses yang sangat singkat ini membuat kru kapal manapun tidak akan mungkin menyiapkan perhitungan stabilitas dan kekuatan kapal serta menyiapkan dokumen clearance dengan baik.

iStow menjadi jawaban saat setiap proses di pelabuhan dituntut berjalan efektif dan efisien. Dari proses penataan muatan di kapal hingga penyiapan dokumen clearance dapat tersedia cepat dan real time dengan akurasi perhitungan iStow yang sudah terjamin oleh lembaga klasifikasi nasional dan internasional.

iStow sebagai loading computer dari Indonesia siap untuk mendukung program pemerintah tentang SPB online.

#istow #stowageplanning #loadingcomputer #SPBonline #SPB #marinesafety #indonesiaproduct